Wednesday, September 16, 2015

[SHARING] Pendaftaran Sidang Sarjana (Kompre) untuk Kelas Ekstensi (Kuliah Malam) [AKUNTANSI]

Banyak temen - temen seperjuangan yang ngeluh, "Kenapa sih pengurusan di Gunadarma itu ribet banget, birokrasi nya lebay lah, pelayanannya tidak ramah, udah tau kita kan kerja, gak fleksibel banget deh !" hehe (Mungkin karena ribuan mahasiswa/i yang harus dilayani. Ya.. harap maklum aja deh :)) kalo pada sensian semuanya :D

Langsung ke Pokok Bahasan. Karena rata - rata pengurusan ini membutuhkan waktu seharian, Kita harus tau cara mensiasati agar waktu kita tidak terbuang percuma (tau kok rasanya yang lagi kerja mesti ijin cuti, kalo minta ijin sama HRD/bos pasti dibilang "kok ijin terus sih ? emang gak bisa online ?") 
Saran saya ijin cuti dari kantor 1 hari full (jangan setengah - setengah) dan take one shoot buat dapetin surat jadwal sidang. Better hari Rabu karena semua loket buka di hari Rabu. Datengnya jam 7.30 pagi buat dapet spot ok buat antri di depan loket yang notabenenya masih belom buka. :'(


Tata cara pendafataran sidang mahasiswa transfer (untuk Kompre) :

1. Mengurus bebas keuangan dan perpustakaan
Bebas keuangan di loket BAAK No. 25 kampus D gedung 4 Lt.1
Bebas perpustakaan di loket depan ATM DKI kampus D gedung 3

2. Submit form online ke jurusan Akuntansi
Nah mulai 2015 tidak ada lagi tuh yang bawa dokumen ke SekJur, semua sudah melalui form online. Caranya : 
Cek staffsite ibu Cecilia Widi ( C Widi ) http://widi.staff.gunadarma.ac.id/ kemudian pilih form pengajuan sidang.
Isi data sesuai petunjuk yang diberikan

3. Email ke jurusan form tersebut dalam bentuk Pdf file 
Format email subject "Sidang Sarjana / Nama / NPM"
Beberapa saat kemudian akan mendapat balasan dari bagian jurusan untuk maju ke loket BAAK bagian sidang No. 14-16 kamis D gedung 4 lt.1 (bisa dijawab Ya sudah lengkap, ada juga yang Kurang lengkap, sehingga harus dilengkapi kembali)
(Jangan pernah mendaftar secara langsung ke loket sidang sebelum kalian mengirimkan form tersebut dan mendapatkan jawaban bahwa berkas kalian sudah lengkap (point 3)

4. Pergi ke loket sidang 
Dengan menyerahkan fotocopy surat bebas keuangan, ditulis dibalik kertas, formatnya : nama/npm/tempat tanggal lahir/alamat/email aktif/ dan menempelkan 2 lembar pasfoto hitam putih ukuran 2x3 (ingat foto harus doff )

5. Kalian akan dipanggil dan mendapatkan surat jadwal sidang
Surat sidang berisi, data kalian dan jenis matakuliah yang akan di ujikan (ada 3 Mata Kuliah)
Simpan baik - baik jangan sampai hilang, rusak atau di laminating. biarkan saja sesuai aslinya (untuk digunakan di tahap selanjutnya)

6. Pergi ke Kampus Kenari untuk sidang
(Akan dibahas di tulisan berikutnya)
Based on true story (Sidang tanggal 12 September 2015)

Memang tampak sulit kalau kalian sulit mendapatkan informasi yang jelas, karena memang kampus tidak memberikan secara jelas alur dan tata cara pendaftaran online ini, sehingga kalian harus mendapat informasi simpang siur dari teman atau rekan yg sudah mendapatkan jadwal sidang dan bahkan sedang mengurus sidangnya. Mudah mudahan informasi ini bermanfaat yah buat kalian. 

Informasi di atas adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya selaku pendaftar sidang Sarjana (Kompre) jika ada perubahan syarat, kebijakan atau ketentuan dan lain - lain harap disesuaikan dengan waktu penulisan..

SELAMAT SIDANG ! Siapkan mental, perbanyak doa, dan yang paling utama BELAJAR !!

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan sebagai bahan referensi bagi pembaca yang sedang bingung bagaimana cara mendaftar sidang (khusus anak Ekstensi S1 Akuntansi, kelas malam kampus Depok) yang mau bertanya juga boleh kok :)

3 comments:

  1. Thanks kak buat infonya

    ReplyDelete
  2. Iya mas thanks juga sudah mampir di blog saya ��

    ReplyDelete
  3. Mata kuliah yg di ujikan apa saja yaa?? Yang ngebedain paket ABC nya hanya dari mata kuliah pilihan atau gimana ya? Makasih

    ReplyDelete