Friday, June 26, 2015

Rangkuman Tugas Perekonomian Indonesia

Ada 3 Tugas dalam Mata Kuliah Perekonomian Indonesia :

1. Sistem Ekonomi di Dunia dan Perkembangan Sistem Perekonomian di Indonesia
2. Hambatan Perdagangan Internasional
3. Hubungan Industrialisasi dengan Kemiskinan

Sekedar Informasi saja, mata kuliah ini bermuatan softskill, sehingga pengerjaan tugasnya memang melalui media blog. Kalau menurut saya pribadi sebagai mahasiswa, softskill disini dimaksudkan agar setiap mahasiswa mampu mengembangkan kreatifitas, ide dan pemahaman melaui penulisan, sehingga terkadang yang termasuk ke dalam mahasiswa "moody-an" akan cenderung mengerjakan tugas saat mood saja, apalagi terpaku pada jadwal deadline pengumpulan tugas. Kalau soal plagiat dan copy-paste dari tulisan lain ya itusih kembali lagi ke penilaian dosen sendiri. 

Mengenai sistem ekonomi di dunia dan perkembangan sistem perekonomian di Indonesia, dapat diambil kesimpulan, Sistem ekonomi di dunia yaitu Tradisional, Liberal dan Campuran. 
Setiap negara berhak menentukan mana sistem perekonomian yang akan dianut, karena setiap jenis sistem memiliki cara dan kebaikan atau keburukannya masing-masing.
Perekonomian di Indonesia saat ini sedang mengalami gejolak pasca pemilihan presiden yang baru yakni Bp. Joko Widodo. Berbagai regulasi dan peraturan dibuat demi menciptakan perekonomian Indonesia yang maju dan mandiri sesuai harapan bangsa. 

Kemudian untuk hambatan perdagangan Internasional, perdagangan Internasional saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari barang yang keluar negara bahkan yang masuk ke dalam negara. Bahasan ini terkait erat dengan bisnis Impor-Ekspor yang terjadi. Saat ini dinilai proses impor lebih tinggi dibandingkan ekspor, sehingga berdampak bagi lemahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. beberapa kebijakan dibuat pemerintah untuk menaikkan Ekspor agar negara tidak lagi defisit. Ini yang kerap kali menjadi hambatan bagi perusahaan swasta untuk dapat menjalankan perdagangan yang bahan baku nya didapat dari Impor.

Hubungan industrialisi dengan kemiskinan, industrialisasi berdampak positif dan negatif bagi masyarakat, dengan adanya industri baru maka pengangguran dapat diserap dan mengurangi tingkat kemisikinan, kemudian industrialisasi juga mempengaruhi kemisikinan dalam hal negatif  karena tingkat pendapatan yang diberikan sektor industri masih sangat rendah, sehingga sering terjadi kesenjangan ekonomi.

Demikian kesimpulan yang dapat saya sampaikan selama mengerjakan tugas Perekonomian Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Terimakasih untuk Dosen yang selama ini membimbing kelas kami 1EB22 Bp, Dennis Ramadian, semoga yang diajarkan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan untuk di masa sekarang dan yang akan datang. Amin~


No comments:

Post a Comment