Thursday, December 23, 2010

budidaya jamur konsumsi dan jamur obat

1. Tiram
Ini jamur yang paling mudah buat dibudidayakan sangat cocok buat beginner. Ada macam-macam speciesnya, tiram putih, abu-abu, merah, cokelat, dan emas. Yang umum dijumpai di pasar-pasar umumnya tiram putih.
2. Kuping
Ini relatif agak susah dibandingkan tiram.
3. Shitake
Enak rasanya kek jengkol.
4. ABM (Agaricus Blazei Murril)
Saat ini nama latinnya diganti Agaricus Braziliensis karena memang asalnya dari Brazil. Aromanya seperti almond. Mulai ramai dibudidayakan.
5. Lingzhi
Jamur berkhasiat obat.
6. Merang
Sudah ratusan tahun dibudidayakan di Indonesia. Aromanya sedap dan empuk.
7. Champignon
Disebut juga jamur kompos. Menduduki peringkat perdana produksi jamur dunia. Kalau yang kaleng rasanya gak enak. Yang sudah dibekukan pun (umumnya di supermarket) rasa dan aromanya jauh menurun. Paling enak habis petik langsung dikonsumsi.
8. Jamur psylocybe
Ini jamur mengandung bahan psycoactive yang bisa bikin mabuk. Sering disalahgunakan untuk menggantikan narkoba.
9. Kombucha
Ini adalah simbiosis jamur dan bakteri. Sangat bermanfaat buat kesehatan.
10. Kordiseps
Asal RRC. Di sana disebut dong chong xiao chao. Biasa tumbuh di pegunungan yang sangat tinggi. Jamur ini termasuk parasit. Tubuh buahnya muncul pada ulat yang mati. merupakan jamur obat.
11. Maitake
Jamur menari nama lainnya. Memerlukan suhu yang lebih rendah dari shi untuk pembentukan tubuh buahnya. Rasanya enak dan berkhasiat obat.
12. Portabella
Bagi yang mau usaha jamur komersial gue saranin melakukan uji multi lokasi. Caranya dengan membeli media yang sudah siap buah dan dibudidayakan di beberapa tempat yang lo anggap kemungkinan ideal buat pertumbuhan jamur.
sumber : kaskus.us

No comments:

Post a Comment