Friday, April 1, 2011

Bab 3 Latihan 3-10

Mengidentifikasi saham biasa dengan saham preferen beserta hak-hak yang dapat diberikan kepada pemegang saham tersebut

a. Saham biasa atau biasa disebut dengan (commond stock) yaitu surat berharga dalm bentuk piagam atau sertifikat yang memberikan pemegangnya bukti atas hak-hak dan kewajiban menyangkut andil kepemilikan dalam perusahaan.

Pemegang saham ini mempengaruhi kebijakan korporasi melalui proses pengambilan suara (voting) dalam pembuatan tujuan, kebijakan dan pemilihan direksi, keuntungan pemegang saham ini berupa devidendan capital gain.

Secara lebih khusus demikian hak-hak pemegang saham biasa :

1. Hak control : hak memilih dewan direksi sehingga dapat mengontrol kebijakan direksi.

2. Hak penerima pembagian keuntungan : karena sebagai pemilik perusahaan, pemegang saham biasa berhak menerima keuntungan perusahaan.

3. Hak preemptive : hak untuk mendapatkan prosentase kepemilikan yang sama, jika perusahaan mengeluarkan saham baru. Hak ini bertujuan untuk melindungi hak control dari pemegang saham lama dan melindungi pemegang saham lama dari nilai yang merosot.


b. Saham preferen atau biasa disebut (preferred stock) adalah bagian saham yang memiliki tambahan hak melebihi saham biasa. Saham ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Saham preferen partisipasi : saham preferen yang membagikan dividen kepada pemegangnnya. pemilik saham ini setelah menerima deviden tetap mempunyai hak untuk membagi keuntungan yang dinyatakan sebagai dividen kepada pemegang saham biasa (participating preference shares).

2. Saham preferen nonkumulatif : saham preferen yang tidak mempunyai hak untuk memdapatkan dividen yang belum dibayarkan pada tahun-tahun yang lalu secara kumulatif (noncummulative preferred stock).

Jadi secara jelas hak dari pemegang saham preferen yaitu mendapatkan sejumlah deviden dengan nilai komulatif, serta saat perusahaan mengalami kerugian pemegang saham pun berhak untuk tidak menanggung kerugiaanya tetapi dengan tidak mendapatkan pembagian deviden. Sehingga jumlah yang dihasilkan akan meningkat setiap perusahaan mengalami keuntungan.


c. (1) Definisi treasury stock yaitu saham yang diterbitkan sebelumnya, namun dibeli kembali dari peredaran untuk sementara waktu. Di dalam akuntansi ada 2 metode pencatatannya yaitu dengan menggunakan metode nilai nominal dan metode harga perolehan.

(2) definisi stock right yaitu diterbitkan untuk pemegang saham yang sudah ada, guna untuk menjaga presentase kepemilikan ketika saham yang baru akan diterbitkan.

(3) Definisis stock warrant yaitu pemberian jaminan hak kepada shareholder untuk mebeli saham pada waktu tertentu atau periode yang akan dating atas kecenderungan harga.

No comments:

Post a Comment