Monday, April 26, 2010

Daging dan Kanker

Apakah anda gemar makan daging merah? Waspadai kanker kandung kemih. Menurut studi Dr Xifeng Wu, professor di Departemen Epidemiologi Universitas Texas, AS, sering menyantap daging yang diolah dalam suhu tinggi dapat meningkatkan resiko terbentuknya kanker kandung kemih.

Studi wu mempelajari 884 pasien kanker kandung kemih dan 878 orang yang sehat. Partisipan studi diminta mengisi kuesioner mengenai makanan yang mereka konsumsi. Ternyata mereka yang paling doyan menyantap daging merah berkecenderungan hamper 1,5 kali lebih besar terserang kanker kandung kemih ketimbang yang sedikit mengonsumsi makanan tersebut.

Studi ini mengaitkan steak dan daging babi dengan resiko tertinggi. Meski demikian, daging ayam dan ikan yang digoreng dalam suhu tinggi juga diyakini dapat memperbesar resiko kanker.

“temuan ini mendukung kuat apa yang kami telahduga, yakni orang yang makan banyak daging merah, terutama yang dimasak sangat matang seperti digoreng atau dipanggang, berkecendrungan lebih tinggi terserang kanker kandung kemih,” paparnya.

Dari artikel ini dapat diambil kesimpulan makanan apapun kalau mengalami proses penggorengan dengan minyak pada suhu tinggi dapat membahayakan bagi tubuh kita. Apalagi daging dengan kadar lemak tinggi ditambah cara mengolah yang tidak benar akan berdampak buruk dengan resiko dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Jadi supaya lebih aman mulai saat ini biasakan makan sayuran, dan biasakan memasak dengan cara merebus, tidak digoreng atau di panggang.

Sumber artikel : harian Media Indonesia

No comments:

Post a Comment